Apa itu Komunikasi?

Komunikasi adalah "suatu proses di mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain". 
(Wikipedia).

komunikasi menduduki peringkat pertama dalam hal kepentingan bersosialisasi.maksudnya adalah semua hal yang kita inginkan dari orang lain,tak akan bisa kita dapatkan tanpa adanya suatu komunikasi sebelumnya.Contohnya,kita tak akan bisa menyuruh orang menutup pintu jika tanpa mengatakan"Tutup pintunya" kepada orang tersebut.tak akan ada pacaran tanpa kita mengutarakan perasaan kita kepada calon pacar kita.
Namun demikian komunikasi tak sepenuhnya tergantung pada mulut.tidak sama sekali.Itu hanyalah kebiasaan kita sejak lahir dmn mulut kita gunakan menjadi media transfer data dan memberikan info kepada orang lain.sebenarnya komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara,salah satunya dengan hanya gerakan.Disebut juga Komunikasi Non verbal.
inspirasiku datang dari film yang baru saja aku lihat,berjudul "hear me",di dalam film itu sangat sedikit sekali menggunakan mulut sebagai media.yah memang awalnya membosankan melihat film yang tanpa suara. tapi lama kelamaan aku tertarik dengan cara tokoh utama film tersebut berkomunikasi dengan bahasa isyarat.Terlihat sangat ekspresif dan menarik. dalam film tersebut aku mengambil kesimpulan.komunikasi yang baik bukan berasal dari maksud yang disampaikan tapi cara kita menyampaikan suatu maksud dengan baik.tak ada istilah tak bisa berkomunikasi selama kita hidup. hanya masalah kita mau tidak mengerti akan apa maksud dari lawan bicara kita.
Intinya adalah mengutarakan maksud dan mengerti maksud dari orang lain.

1 komentar:

Twitter Facebook Favorites More